Understanding or definition ?


Machine menurut pemahaman “ Sesuatu yang digunakan untuk mengurangi peluang keteledoran manusia”, artinya semua yang bisa meringankan pekerjaan manusia adalah mesin. Sebagai contoh, saat gerah! Tekan tombol, angin bertiup “kipas angin”, apabila ingin berbicara dengan teman dari jarak jauh, “telephone”,  menghitung dalam waktu singkat, “kalkulator”. Sebenarnya kita sudah sangat bergantung pada mesin.

Machine menurut definisi “ Kombinasi dari bagian yang saling berhubungan dari gerak relatif yang mendesak dan dimana bagian tengah, kekuatan dan gesekan ditransmisikan dan di modifikasi oleh baut dan mur atau tuas yang diatur untuk merubah titik tumpu atau menggerakkan katrol pada porosnya, dalam sebuah konstruksi atau yang lebih rumit ketetepan dari kombinasi bagian yang bergerak atau elemen mekanik sederhana seperti roda, tuas yang saling berhubungan, dll.

Kedua penjabaran tersebut merupakan penjabaran mesin, namun penyampaiannya berbeda. Dalam penjabaran yang diterangkan dengan pemahaman/understanding digunakan bahasa yang sederhana, sehingga memudahkan untuk dimengerti.

Coba tebak ! Definisi apa yang dimaksud “ Instrumen yang merekam, menganalisa, meringkas, mengatur pembahasaan dan menerangkan informasi berupa ilustrasi dan non ilustrasi, bersampul dengan selubung atau non selubung, dengan pendahuluan, kata pengantar, daftar isi, indeks. Dimaksudkan untuk pencerahan, pemahaman, pengayaan, peningkatan dan pendidikan otak manusia melalui indra penglihatan.

Yang dimaksud adalah … Buku, ya Buku. Uhh … cukup membingungkan ya ! Lebih baik kita pelajari dalam bahasa sederhana saja, sehingga lebih mudah untuk dimengerti.

So many things were left unsaid
Kebingungan selalu kebingungan, tidak ada tanda-tanda solusi
Jika hati malu dengan rasa takut, maka hati ini akan mati
Hati ini, akan jatuh di bawah kepedihan
Domba itu tidak mengerti untuk apa ditakdirkan
Apakah akan dilayani dengan di tusuk sate atau hanya dicincang
Tidak ada yang tahu apa yang terjadi di masa depan

Seorang Guru Besar pernah bertutur “ Janganlah belajar untuk menjadi sukses, tapi belajarlah untuk membesarkan jiwa”. Janganlah mengejar kesuksesan, kejarlah kesempurnaan ! Maka kesuksesan akan mendatangimu.


Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar